Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Container Icon

Pages

A. PERBEDAAN MAKHLUK HIDUP DAN TAK HIDUP

Apabila anda sering memperhatikan lingkungan sekitar maka adna akan menyadari bahwa bumi ini di huni oleh berbagai jenis makhluk hidup dan tak hidup.


Mengapa kita bisa membedakan antara makhluk hidup dan tak hidup?apakah kita dapat menjawab secara pasti sesuatu objek yang kita amati termaksud makhluk hidup atau benda tak hidup?

Untuk mencoba menjawab pertanyaaan – pertanyaan diatas, para biologiwan menggunakan ciri-ciri makhluk hidup. Artinya apabila kita mengamati satu objek maka lihat ciri-cirinya.jika ciri-ciri yang di tunjukan adalah ciri-ciri makhluk hidup, maka objek  tersebut termaksud  makhluk hidup, sebaliknya jika tidak menunjukan ciri-ciri makhluk hidup maka objek tersebut termaksud benda tak hidup. Jadi, jika kita bisa membedkan makhluk hidup mempunyai ciri-ciri tertentu, yaitu makhluk hidup mempunyai ciri-ciri hidup.
    A.    CIRI-CIRI  MAKHLUK  HIDUP
   v Respirasi
   v Menunjukan respibilitasi(peka terhadap rangsangan )
   v Bergerak
   v Membutuhkan makanan(nutrisi)
       v Tumbuh dan berkembang
       v Ekskresi
       v Reproduksi

B.    PERANAN BIOLOGI DALAM  MAKHLUK HIDUP
Biologi mempunyai peranan pertama dan paling utama dalam kehidupan yaitu membentuk manusia yang sadar terhadap hidup dan kehidupan dalam lingkungannya. Selain itu, biologi mempunyai peranan untuk menyadarkan manusia terhadap kedudukannya sebagai salah satu makhluk di antara makhluk lainnya.
            Pengetahuan biologi juga telah mengajarkan kepada kita bagaiman cara menjaga keseimbangan ekosisitem dengan cara menjaga dan melestarikan flora dan fauna. Dalam kehidupan, biologi berperan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia. Ilmu ini dapat diterapkan seperti, pertanian , pertenakan , kehutanan, kedokteran , dan industri. Peranan diatas merupakan manfaat dari biologi, disamping manfaat-manfaat yang lainnya.biologi juga dapat membahayakan kehidupan manusia seperti,senjata biologi, kloning, transgenik, proyek genom manusia, polusi genetika.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar