Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Container Icon

Pages

TINGKAT ORGANISASI KEHIDUPAN


TINGKAT  ORGANISASI  KEHIDUPAN

A.    MOLEKUL ORGANIK
Molekul organik sering di sebut juga sebagai molekul biologi. Molekul ini ditemukan di dalam tubuh makhluk hidup. Para ilmuwan kimia menemukan bahwa semua molekul organik mengandung atom karbon, di samping atom lain- lainnya.
  Makhluk hidup membutuhkan molekul organik untuk 
  •  Menyediakan energi untuk menjalankan proses kehidupan
  •  Menyediakan bahan- bahan mentah untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh.Molekul-molekul organik dibutuhkan untuk menyediakan nutrisi bagi makhluk hidup 4(empat) kelompok utama molekul organik yang di butuhkan oleh makhlik hidup, adalah sebagai barikut,;    

  •  Karbohidrat
    Karbohidrat merupakan  senyawa yang mengandung unsur karbon, hidrogen, dan oksigen, rumus umumnya adalah Cn(H2O)n.Karbohidrat di bagi menjadi 3 kelompok berdasarkan  panjang rantai karbonnya, yaitu
  •      Monosakarida
Monosakarida(karbohidrat sederhana) adalah karbohidrat yang tidak dapat hidrolisis menjadi bentuk yang lebih sederhana. Contoh,glukosa, fruktosa, dan galaktosa.
  •      Oligosakarida
Olisakarida yang penting dalam tubuh adalah disakarida. Jika dihidrolisis, disakarida akan menghasilkan duo monosakarida.
Contoh.,disakarida antara lain sukrosa, laktosa, dan maltosa. Jika dihidrolisis, sukrosa akan menghasilkan glukosa dan  galaktosa: dan maltosa akan menghasilkan dua molekuk glukosa.
  •      Polisakarida
Polisakarida (karbohidrat kompleks) menghasilkan lebih dari enam monosakarida jika dihidrolisis. Contoh  polisakarida antara lain amilum, selulosa dan glikogen.
  •         Lemak
Lemak merupakan senyawa antara asam lemak dan gliserol. Lemak mempunyai beberapa fungsi antara lain sumber energi terbesar pelarut vitamin( vit A,D,E,K), sumber asam lemak esensial, pelindung organ tubuh dan penyebab lamanya pengosongan lambung, sehingga memberi rasa kenyang lebih lama.
  •          Protein
Protein terdapat dalam semua sel hidup, mengandung unsur karbon,  hidrogen, oksigen dan nitrogen. Hewan membuat protein dari apa yang mereka makan, sedangkan tumbuhan membuat protein dari air, tanah, dan garam- garam mineral
  •      Asam nukleat
Asam nukleat merupakan molekul raksasa dengan fungsi spesifik yaitu menyimpan informasi genetik dan menurunkan kepada keturunannya. Susunan dan ikatan-ikatan yang terdapat pada asam nukleat akan menentukan apakah sesuatu makhluk hidup akan menjadi manusia atau ayam, ataukah suatu sel, apakah akan menjadi sel darah merah atau sel otot.
B.    SEL
Semua makhluk hidup tersusun dari unit dasar yang disebut sel. Misalnya tubuh manusia terdiri dari 50 juta sel. Semua sel mepunyai fungsi khusus. Semua sel hewan  dan sel tumbuhan mempunyai membran sel, sitoplasma dan inti sel,(nukleus). Pada sel tumbuhan, terdapat juga dinding sel, vakuola dan umumnya mempunyai kloroplas.
C.    JARINGAN
Sel-sel dengan struktur dan fungsi yang sama bergabung membentuk jaringan. Macam-macam struktur  jaringan tumbuhan dan jaringan hewan beserta fungsinya akan di jelaskan di kelas XI.
D.    ORGAN
Kumpulan  beberapa jaringan membentuk organ. Organ mempunyai struktur kompleks dengan fungsi khusus. Adanya berbagai jaringan yang membentuk suatu  organ , memungkinkan suatu organ tersebut mempunyai kemampuan untuk melaksanakan fungsi  hidup yang beraneka ragam . semakin ringgi derajat suatu hewan semakin banyak organ tubuh yang dimilikinya.contohnya organ yang dimiliki oleh hewan vertebrata adalah usus.
E.     SISTEM ORGAN
Pada organisme kompleks, beberapa organ bekerja bersama- sama untuk melakukan satu fungsi atau tugas penting. Organ-organ tersebut membentuk sistem organ. Sistem organ pada tumbuhan antara lain sistem reproduksi, sistem fotosintetik, sistem penyerapan dan sistem pengangkutan.









F.     POPULASI
Pada sebuah tempat, individu satu dan individu lain yang sejenis saling berinteraksi dengan membentuk populasi. Misalnya, seekor ikan yang hidup di sebuah sungai akan berinteraksi dengan seekor atau beberapa ekor ikan sehingga membentuk populasi ikan.
Makhluk hidup dapat hidup sejenis apabila memenuhi syarat-syarat berikut ini:
v Menempati habitat yang sama
v  Memiliki persamaan morfologi, anatomi, dan fisiologi
v Jika mengadakan perkawinan maka akan menghasilkan keturunan yang fertil. Keturunna yang fertil adalah keturunan yang mampu berkembang biak secara kawin.
G.    EKOSISTEM
Interaksi antara komunitas dan komponen abiotik membentuk sistem lingkungan yang di sebut ekosistem. Misalnya ekosistem hutan , dan komunitas sungai.
H.    BIOMA
Bioma adalah ekosistem daratan utama di bumi yang di pengaruhi oleh iklim. Bioma terbentuk dari adanya interaksi antara faktor iklim( khususnya temperatur dan kelembapan)dengan kehidupan.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar