Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Container Icon

Pages

virus


A.    SEJARAH  PENEMUAN DAN PENELITIAN VIRUS

Penemuan dan penelitian virus dilakukan melalui sejarah panjang dan melibatkan banyak ilmuan. Meskipun penemuan- penemuan tentang virus dilakukan secara terus- menerus, akan tetapi pengetahuan tentang virus baru berkembang setelah ditemukannya mikrosoft elektron.
            Virus berukuran jauh lebih kecil di bandingkan ukuran bakteri yang terkecil. Virus diameternya rata-rata sekitar 20-400 nanometer(1 nanometer =10-9 meter).  Oleh sebab itu virus hanya dapat di lihat dengan mikroskop elektron. Mikroskop elektron mampu memperbesar objek sampai 200.000-400.000 kali.


B.    CIRI-CIRI VIRUS
Virus mempunyai dua fase untuk keberadaannya, yaitu di  dalam sel-sel hidup(di dalam sel inangnya) dan di luar sel-sel hidup(diluar sel inangnya). Apabila diluar sel inangnya, virus terdiri dari partikel-partikel  yang mempunyai ciri-ciri tersendiri (bersifat tak hidup). Akan tetapi  bila berada di dalam sel inangnya virus dapat di sebut sebagai makhluk hidup karena mampu berkambang biak. Terlepas dari apakah virus itu sebagai makhluk hidup atau benda tak hidup, virus dimasukkan sebagai satu unit mikroorganisme.

Pada sistem klasifikasi lima kingdom, tidak ada satu tempat yang cocok untuk virus. Hal ini karena virus tidak menunjukan ciri-ciri hidup, misalnya respirasi, nutrisi, dan reproduksi, kecuali  mereka ada di dalam sel-sel makhluk hidup lainnya (sel inangnnya). Dengan kata lain, semua virus bersifat parasit dan menyebabkan kerugian pada inangnya. Beberapa ahli taksonomi mempunyai gagasan untuk  memasukkan virus kedalam kingdom keenam. Struktur tubuh virus dapat dilihat  pada gambar di samping.
            Virus terdiri dari asam nukleat dan kapsid. Ukuran virus sangat kecil dengan diameter berkisar 20-400 nanometer. Oleh sebaba itu, virus hanya dapat dilhat dengan menggunakan mikroskop elektron. Virus dengan bagian- bagiannya yang sudah matamg disuebut virion. Masing- masing terdiri dari satu jenis asam nukleat( DNA saja atau RNA saja) dan protein pelindung yang disebut kapsid. Kapsid juga berguna untuk menemukan macam sel yang akan diinfeksi dan membantu menyisipkan virion ke dalam sel tersebut.
            Asam nukleat umumnya hanya merupakan rantai tunggal. Asam nukleat pada virus yang menyerang hewan, umumnya adalah DNA dan RNA sedangkan asam nukleat pada virus menyerang pada tumbuhan umunya adalah RNA. Contoh virus DNA adalah virus influenza,virus herpesdan virus yang merangsang terbentuknya kanker. Sementara itu, contoh virus adalah TMV(Tobacco Mozaic Virus ), HIV(Human Imunnodeficiency Virus), dan virus polio.
 Macam- macam bentuk virus dapat dilihat dari gambar dibawah ini





C.    PERKEMBANGBIAKAN VIRUS

Virus dapat berkembang biak dalam sel bakteri, sel hewan, dan sel tumbuhan. Untuk menjelaskan perkembangbiakan virus biasanya digunakan contoh virus yang menyerang bakteri (bakteriofage). Misalnya virus yang berkembang biak pada bakteri Escheichia coli. Perkembangbiakan bakteriofage membentuk suatu daur. Daur bakteriofage dibagi menjadi dua yaitu daur litik dan lisogenik. 

D.    PERANAN VIRUS DALAM KEHIDUPAN
Virus pada umunya bersifat  merugikan karena dapat menyebabkan penyakit. Akan tetapi dengan kemajuan ilmu dan teknologi, saat ini virus sering digunakan di bidang farmasi, bioteknologi, dan pertanian.
1.     Peranan virus yang merugikan
Virus dapat menimbulkan penyakit melalui dua cara yaitu melalui kemampuannya dalam memecahkan sel inang dan kemampuannya dalam menghasilkan racun. Pada daur litik sel inang akan di hancurkan, kemudian virus- virus tersebut akan menginfeksi sel lain dan menimbulkan sakit. Virus lain dapat menimbulkan penyakit  karena mampu menghasilkan racun yang menghambat metabolisme sel inangnya. Virus dapat menyerang bakteri, tumbuhan, hewan dan manusia. Berdasarkan inang yang diserangny, virus di kelompokkan menjadi virus bakteri, virus tumbuhan, virus hewan(termaksud manusia).
Beberapa penyakit yang di sebabkan oleh virus adalah sebagai berikut:
a.      AIDS(Acquired Imunodeficiency Syndrom)
b.     Flu Burung atau Avian Influenza(AL)
c.      Polio
d.     Campak
e.      Hepatitis
2.     Peranan virus yang menuntungkan
Peranan virus dalam kehidupan tidak hanya merugikan saja, akan tetapi ada juga virus yang menguntungkan manusia. Hal ini karena para pakar rekayasa ganatika dapat membuat virus tertentu menjadi bermanfaat bagi kehidupan manusia.
      Dalam rekayasa genetik, untuk menghasilkan makhluk hidup yang mempunyai sifat-sifat menguntungkan dapat dilakukan dengan memindahkan gen pembawa sifat menguntungkan tersebut dari makhluk hidu satu ke makhluk hidup lainnya. Untuk memindahkan gen untuk memindahkan gen tersebut di perlukan suatu pembawa atau vektor.
Manfaat virus lainnya bagi manusia adalah sebagai berikut:
a.      Virus dapat membuat sel bakteri menghasilkan antitoksin.
b.     Bakteri patogen(membahayakan) setelah disisipi profage menjadi tidak berbahaya.
c.      Virus dapat digunakan untuk memproduksi vaksin. Kebanyakan virus dipergunakan secara luas untuk membuat vaksin, untuk mencegah hepatitis,cacar polio, campak, dan sebagainya.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar